Problem Suara Tuxguitar pada Ubuntu


Tuxguitar merupakan salah satu alternatif aplikasi di linux untuk membaca tablatur gitar. Bisa disebut juga pengganti Guitar Pro di windows. Aplikasi ini mampu membaca tablature dari Guutar Pro, Power Tab dan TablEdit.

Pemasangan TuxGuitar pada Ubuntu cukup mudah karena sudah tersedia di repository. Cukup ketik
$ sudo apt-get install tuxguitar
Problem di laptop saya adalah aplikasi ini sudah berjalan lancar, namun tidak ada suara yang keluar ketika tablature dimainkan. Solusinya ternyata cukup dengan memasang plugin timidity.
$ sudo apt-get install timidity-interfaces-extra
kemudian masuk ke aplikasi TuxGuitar, pilih Tools->Setting->Sound
Pilih Timidity pada pilihan Midi Port
klo pilihan timidity belum muncul, ketik pada terminal
$ timidity -iA -A170 -B3,10 -Os -EFreverb=0 2>&1 >/dev/null&
kemudian cek lagi pada menu setting
Iklan

Fix ISO yang corrupt dengan rsync


tulis disini biar gak lupa

kasus = download bergiga-giga ISO linux, setelah dicek md5 nya ternyata berbeda -_-

masuk ke folder tempat file ISO berada, kebetulan yang mau diperbaiki file iso backtrack. Cari repo lokal yang punya fasilitas rsync, kebetulan repo ugm bisa.

ketik terminal masukkan perintah :

rsync repo.ugm.ac.id::iso/backtrack/BT5R3-GNOME-32.iso .

jangan lupa ada tanda . (titik) dibelakang. Nama file juga harus sama

 

Apa sih bedanya Windows ma Linux??


windows-vs-linux

Linux gratis sedang windows pake duit. Jawaban yg gak salah tp juga gk betul, secara coba deh kamu pesen distro linux, apakah gratis??. Tentu tidak.

Sebenarnya yang bikin gratis atau tidak adalah lisensinya. Bill Gates (tau kan?) gak mau hasil karyanya itu dinikmati oleh orang2 secara gratis, jadi si Om ini masang tarif buat orang2 yang mau ngopi jendelanya itu (windows maksudnya). Beda sama Linus Torvalds, dia gag masang tarif apapun bila ada orang yang mau ngopi linuxnya. Baik ya???
Tapi gag semua Linux itu gratis, ada juga yang bayar. Tapi kebanyakan memang gratis kayak X CODE. Ini linux baru bikinan mas-mas di yogyafree (asli bikinan INDONESIA men). Tapi mang belum terkenal banged kayak UBUNTU. Pernah pas gw praktikum PTI di lab UIN, gw bawa master linux X-Code, secara hari itu memang praktikum pengenalan Linux, tapi apa yang terjadi pas gw serahin cd master gw itu ke mas asisten??? DITOLAK MEN!!. Dikirain malah CD MAENAN. Anjriid!!! Katro’ banged siih jadi orang!!

Baca lebih lanjut