Berkontribusi dalam proyek Mozilla Location Service


Dalam proses penentuan lokasi, ada beberapa metode yang digunakan. GPS merupakan metode yang paling lama dan populer hingga saat ini untuk penentuan lokasi. Selain GPS, bisa digunakan juga RSS Fingerprint, WLAN dan Celluler ID. Penggunaan Celluler ID ini sering kita lihat pada model telefon genggam jaman dulu yang memunculkan informasi lokasi bergantian dengan nama provider yang kita gunakan. Sedangkan WLAN dan RSS Fingerprint bisa dilihat pada aplikasi foursquare, Aplikasi ini mampu mencari lokasi berdasar SSID WIFI tanpa harus menghidupkan GPS.
Mozilla memperkenalkan Mozzilla Location Service. Sebuah proyek riset untuk memetakan lokasi berdasarkan mapping dari wireless network. Baik dari WIFI, CELL ID maupun yang lain. Dan seperti proyek Mozilla yang lain. Proyek ini bersifat opensource dan kita bisa ikut berkontribusi didalamnya🙂

Cara kontribusinya cukup mudah, syaratnya cuma satu. yaitu menggunakan smartphone dengan OS Android. Setelah itu,  mengunduh aplikasi MozStumbler dari sini . MozStumbler ini akan mencari data-data dari GPS, Kekuatan sinyal GSM dan Sinyal Wifi. Kemudian akan mengirim data tersebut ke server firefox. Oya,, kita juga bisa melihat berapa data yang telah kita submit melalui leaderboard di link berikut.
Untuk lebih lengkapnya mengenai proyek ini dan cara kontribusinya bisa mengunjungi tautan berikut

https://wiki.mozilla.org/CloudServices/Location#Contributing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s