SSH Tunneling (Sembunyi dan Percepat :D)


ssh tunnel

ssh tunnel?
baru ngeh setelah kemarin dapat materi ssh di praktikum jarkom, padahal setelah ane pelajari () ternyata powerfull banget.

ok, apa itu ssh tunnel?

SSH Tunnel memungkinkan Anda meneruskan sebuah koneksi dari dengan mmbypass sebuah proteksi yg diterapkan pada firewall, proxy atau gateway seperti http-tunnel or ssh-tunnel

Apa manfaatnya ?
Jika anda menggunakan, maka anda browsing melalui koneksi aman
Anda akan menggunakan SSH Server IP & mendapatkan 128 ecryption dari ssh

itu penjelasan copas dari sini hehe

ssh tunnel bisa juga buat proxy, buka situs yang di blok, download unlimited, dan juga browsing dengan aman. kenapa? karena ip kita akan diganti sesuai server ssh yang digunakan

Yang harus ente punya sebelum pake ssh tunneling tentu account ssh. Bisa cari yang gratisan ataupun nyolong di internet

selanjutnya masuk ke konfigurasinya

Linux
1. langkah pertama
masuk ke terminal, ketikkan perintah untuk login ke ssh

$ ssh username@server -D port -C

contoh, misalkan ane punya account ssh di shell.cjb.net dengan username sisry maka perintahnya jadi gini

$ ssh sisry@shell.cjb.net -D 1080 -C -p 443

keterangan :
1080 = merupakan port localhost yang akan kita digunain sebagai socks proxy, ntar diatur lagi di setingan firefox

2. langkah kedua
masuk ke firefox, klik tool -> Option -> pilih tab advanced -> klik setting -> pada socks host diisi 127.0.0.1 dengan port 1080

seting firefox

sekarang masuk ke http://www.myip.dk/ untuk melihat ip kita

ip sesudah memakai ssh

ip sesudah memakai ssh

ini ip sebelum make ssh tunnel

ip sebelum pake ssh

ip sebelum pake ssh

Windows
Berhubung windows gak ada ssh maka perlu software pihak ketiga. nah. yang biasa digunain yaitu putty.

buka aplikasi putty. Masuk ke kategori SSH -> pilih Tunnel. Isikan 1080 pada Source Port dan pilih Dynamic pada pilihan dibawahnya, kemudian klik add
ssh

koneksikan putty dengan ssh server. Pilih Session, masukkan server sshnya sama portnya. klik open. Setelah login dengan memasukkan username dan password diamkan saja

kemudian masuk ke firefox. caranya sama kayak langkah kedua diatas

dan..
selamat berselancar via tunnel

6 thoughts on “SSH Tunneling (Sembunyi dan Percepat :D)

  1. Ping-balik: Tugas Minggu 3 - Pemrograman Jaringan « Imam Riadi | Official Forum |

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s