PHP Scaffold – Generator CRUD dari MySql


Crud apa itu? (bukan crot yoh)
CRUD atau Create Read Update Delete merupakan hal dasar bagi setiap aplikasi yang berhubungan dengan database. Tanpa keempat hal tersebut suatu aplikasi belum bisa dikatakan komplit
itu kata sini, jadi bukan bualan ane 😀

ok, sekarang php scaffold?
php scaffold merupakan sebuah website yang mampu menggenerate sebuah file php yang sudah mampu menangani operasi CRUD dari sebuah MySql query. O iya Konsep dari Scaffold ini biasa digunakan di framework php lainnya seperti cakePhp dan CodeIgnitier

daripada bingung sekarang ayo praktek aja
misalkan kita punya sql query seperti dibawah untuk membentuk tabel mahasiswa
CREATE TABLE `mahasiswa` (
`id` int(10) NOT NULL auto_increment,
`nim` int(30) collate latin1_general_ci NOT NULL,
`nama` varchar(30) collate latin1_general_ci NOT NULL,
`alamat` varchar(50) collate latin1_general_ci NOT NULL,
`email` varchar(30) collate latin1_general_ci NOT NULL,
PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1 COLLATE=latin1_general_ci AUTO_INCREMENT=5 ;

yep, cukup dengan bermodalkan query tersebut lalu buka web phpscaffold.
copy paste query tersebut ke kotak besar dibawah tulisan Enter your phpMyAdmin Table Export SQL Below. setelah kita lanutkan dengan sedikit konfigurasi dengan mengisi kotak-kotak dibawahnya

scaffold

scaffold

Include File Name : Isi dengan nama file php yang berisi konfigurasi koneksi ke database. contohnya kayak gini
// connect to db
$link = mysql_connect('localhost', 'mysql_user', 'mysql_password');
if (!$link) {
die('Not connected : ' . mysql_error());
}

if (! mysql_select_db(‘foo’) ) {
die (‘Can\’t use foo : ‘ . mysql_error());
}

Primary Key Name : Isi dengan PK dari tabel
File Name of List : Isi dengan nama file php yang akan digunakan untuk view database
File Name of New :Isi dengan nama file php yang akan digunakan untuk insert ke database
File Name of Edit : Isi dengan nama file php yang akan digunakan untuk edit database
File Name of Delete : Isi dengan nama file php yang akan digunakan untuk delete database

setelah selesai tinggal klik Make My Pages. Dan secara otomatis phpscaffold akan menggenerate file phpnya untuk ente

scaffold

scaffold

bisa juga didownload dengan klik Download All Files
List

tengok blog sebelah. aha! ternyata belum bikin artikel ini

Iklan

2 thoughts on “PHP Scaffold – Generator CRUD dari MySql

  1. Ping-balik: hydrogen generator - hydrogen vehicles - simple technology - hydrogen gas - fuel economy - car mileage - diesel fuel - Dramaticay - Increased - Generator - Hydrogen - Mileage - gt cars - Bolt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s