Lambang Garuda Timnas digugat?? WTH!!


timnas
terasa aneh??
memang..

kelihatan banget kalau pengacara yang mengajukan gugatan ini benar2 sedang mencari sensasi.
berita dari tempo

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pengacara publik David Tobing mengajukan gugatan terkait pemakaian lambang burung garuda di kaos tim nasional sepakbola Indonesia. Gugatan lewat surat bernomor 551/2010/PN.JKT.PST tertanggal 14 Desember 2010, dimasukannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa 14 Desember 2010 siang.

Dalam gugatannya David menggugat Presiden, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Pemuda dan Olahraga, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Nike Indonesia. Ia menilai Presiden dan Mendiknas selaku penanggung jawab lambang negara harus bertanggung jawab, termasuk Menpora yang membiarkan Garuda dipasang dalam kostum.

Menurut David, pemasangan lambang negara berupa emblem Garuda dalam kostum di bagian dada sebelah kiri dan watermark yang memanjang dari dada hingga perut telah melanggar UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang pemakaian lambang negara, bahasa, bendera, serta lagu kebangsaan.

” Sesuai Pasal 51 dan 52 Undang-Undang itu lambang negara hanya dapat digunakan untuk cap atau kop surat jabatan, cap dinas untuk kantor, kertas bermaterai serta surat dan lencana gelar pahlawan, tanda jasa dan kehormatan.” kata David saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa 14 Desember 2010.

Karenanya, menurut David, pemakaian lambang Garuda sebagai kostum bola jelas melanggar Pasal 57 Huruf d, UU Nomer 24 Tahun 2009 ” ujarnya lagi.

Menurut David, ketentuan dalam Undang-undang itu secara limitatif menentukan dapat digunakan untuk apa saja lambang negara Garuda. “Setiap orang dilarang menggunakan lambang negara untuk keperluan selain yang diatur dalam UU ini,” ujarnya.

Penggunaan lambang negara menurut Pasal 51 wajib digunakan di dalam gedung kantor, ruang kelas pendidikan, lembaran dan berita negara, paspor, ijazah, dokumen resmi, uang.

Lalu dalam Pasal 52, lambang negara dapat digunakan sebagai kop surat jabatan, cap dinas, kertas bermaterai, surat tanda jasa, atribut pejabat, atau warga negara yang mengemban tugas negara di luar negeri, penyelenggaraan peristiwa resmi, buku pemerintah, Undang-undang serta di rumah WNI.

Tidak hanya itu, David menambahkan, penggunaan Garuda untuk kostum bola bukan penghormatan. “Giorgio Armani saja membuat Garuda dilarang,” jelasnya.

Sementara PT. Nike sebagai pemegang lisensi kostum resmi tim nasional Indonesia, David menjelaskan telah menggunakan lambang negara tersebut untuk kaos, jaket, dan lain-lainnya .

Akibatnya, Ia menambahkan, telah terjadi kerugian imaterial dan moril bagi warga negara Indonesia. Kerugian tersebut dalam hal penggunaan lambang negara yang harusnya dijunjung tinggi .

IMHO, lambang garuda di kaos timnas udah lama banget dipake. dan kenapa baru sekarang dipersoalkan??
keliatan banget kalau pengacara ini lagi nyari sensasi

jangan sampai garuda didadaku diganti jadi PSSI didadaku

1950an
timnas tahun 1950an sudah memakai lambang garuda

Iklan

9 thoughts on “Lambang Garuda Timnas digugat?? WTH!!

  1. hahahah sayangnya rakyat indonesia dan DPR juga bego sih. belom baca UU no 24 taun 2009 kan? jelas keliatan dari komen2 anda yang prejudice.. saya bahkan bisa menyimpulkan kalo menggunakan lambang garuda indonesia di seragam timnas ketika timnas maen di Indonesia merupakan pelanggaran undang undang. kenapa? ya baca aja tuh undang2 biar saudara mengerti.

    kalau mau menyalahkan, salahkan DPR yang gagal membuat undang-undang yang sesuai dengan kebutuhan rakyat Indonesia..

  2. “Lambang negara dapat digunakan sebagai kop surat jabatan, cap dinas, kertas bermaterai, surat tanda jasa, atribut pejabat, atau warga negara yang mengemban tugas negara di luar negeri, penyelenggaraan peristiwa resmi, buku pemerintah, Undang-undang serta di rumah WNI.”
    Saya kira pertandingan itu merupakan peristiwa resmi, dan pemainnya mengemban tugas negara…. jadi tidak ada yang dilanggar….

  3. Masih buanyak lho yang pake lambang garuda didadanya tapi nilep duit negaranya…….
    Coba deh bayangin timnas Indonesia bertanding dengan lambang GAYUS DIDADAKU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s