Mempercepat akses Browsing dengan setting DNS


Cara ini ane coba atas saran bung dika, maklum lah tinggal di  desa terpencil dengan kekuatan sinyal yang pas2an dan belom ada jaringan kabel telkom bikin kita sering eksperimen dengan modal coba2 aja

ilustrasi dns dari google

yep, langsung aja ke tutornya, tapi sebelumnya harus kenalan dulu dengan DNS..

Sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

itu kata wikipedia , kalau pengen yang lebih jelas klik disini aja

loh? kok bisa ganti dns bisa mempercepat internet??

Jadi sebenarnya, DNS itu merupakan sistem (berbentuk database sistem)yang berfungsi mengubah nama domain, misalnya yahoo.com ke bentuk IP Address atau sebaliknya. DNS Server yang berjalan lambat tentu akses internet juga ikut lambat, makanya kita perlu ganti ke dns server yang lebih powerfull

Nah, beruntungnya ada software gratisan yang berfungsi mencari DNS server yang paling cepat sesuai dengan regional kita. Namanya NameBench, bisa didownload disini. Setelah didownload langsung aja klik Start Benchmark tanpa perlu ubah2 setingan aplikasinya. Prosesnya bisa dibilang lamaa lo, jadi biar gak bosen silahkan kalian follow twitter ini (numpang eksis )

Setelah selesai, bakalan muncul halaman web yang berisi DNS Server tercepat

dns server

 

oke, sekarang kita rubah setingan DNS komputer kita.

1. Masuk ke control Panel

2. Pilih Network Connections.

3. Pilih Koneksi yang kita gunakan. LAN atau  Wireless. Kalau pake memakai Modem, setingan DNS ada di bagian profile

4. Kemudian klik kanan dan pilih Properties.

5. Klik Internet Protocol(TCP/IP), kemudian klik Properties

4. Klik Use the following DNS Servers address, kemudian ganti DNS dengan hasil yang udah kita dapatkan diatas tadi

dns google

5. Klik OK

dan rasakan sendiri bedanya

One thought on “Mempercepat akses Browsing dengan setting DNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s