Pengalaman Install Ubuntu di Laptop Axioo


Sekedar mau share aja pengalaman gw install ubuntu di laptop axioo. Denger-denger sih laptop axioo mang sulit buat diinstall ubuntu, tapi setelah perjuangan selama 3 bulan 23 hari (ihh lebai) akhirnya berhasil juga. (hehe..)

Ok, gw mule ni, awalnya sih gk ada niat buat pake ubuntu secara gw kurang begitu familiar dengan distro yang satu ini.jangan salahin gw ya, rmh gw mang dikampung jadi kenalnya cuma Mikocok eh Microsoft XP en konco2nya itu. Tapi setelah gw ktrima di UIN, masuk jurusan Informatika lagi. Lambat laun, cahaya open source itu mulai datang menerangi jiwaq (hallah!). Kenal pertama kali sama ubuntu waktu praktikum PTI, mas Barok (asisten lab gw ni) nyrocos jelasin soal ubuntu mpe tetek bengeknya. Gak tau apakah dari kata2nya atau bau jigongnya yang sedap itu gw jadi tertarik sama ubuntu.

Abis itu, langsung deh cari2 di Om Google soal ubuntu. Dapet info banyak banged secara waktu itu ubuntu 8.10 baru aja keluar. Semangad gw langsung berapi-api, palagi setelah tahu kita bisa dapet cd ubuntu secara FREE!! gratis cuy!!

gw langsung pesen di situsnya Ship it ubuntu, dapetnya 8.10 desktop edition. Tapi, gag semua yang gratis itu enak. Gw nunggu ampir 2 bulan cdnya gk dateng2! (Oh mai god!!). Pikiran gw dah macem2..

Jangan2 gw kliru ngasih alamat..

Jangan2 gw dah kehabisan stocknya..

Jangan2 cdnya salah masuk pesawat..

Jangan2 cdnya dipake sama penumpang pesawat (loh? Ni compact disk or celdam c?)

And Finally, Pas Pos berkumis yang baek hati dan tidak sombong sayang dia tidak suka nabung nyerahin cd ubuntu itu ke gw sama 1 lembar kertas bertanda..

BIAYA PENGIRIMAN DAN PENGEPAKAN = Rp 7.000,00

Anjriit.. ternyata kena charge juga. Tak apalah yang penting cdnya dah nyampe dirumah gw..

gw buka paketnya itu ternyata dapet stiker juga hehe..,

Sekarang bagian paling seru nih, Install UBUNTU!!

tentu paling pertama masuk ke BIOS, trus jadiin CD/DVD ROM loe jadi first boot device. Abis itu baru masukin Cd ubuntu dan tunggu mpe muncul menu pilihannya. Gw waktu itu pilih opsi pertama (live CD). Jadi kita bisa gunain UBUNTU pake Cdnya tanpa install. Dan setelah berhasil masuk ke desktop ubuntu… DENG!!! DENG!!! TOUCHPAD GW GAK JALAN!!!! ALAMAK!!!

kepaksa deh pinjem mouse punya bokap dulu, proses installnya gak akan gw jelasin secara tu gampang banged dan klo kalian perlu tutor cari di internet kan banyak hehehe…

Sekarang ceritanya gw dah berhasil install ubuntu di laptop axioo gw dan ada satu problem, touchpad gak jalan. Gw bawa aja laptop gw ke kampus, sekalian maw nyoba wifi, dan ternyata WIFI juga gak kedetec!! MAMPUS!!

sekarang ada 2 masalah di ubuntu gw: touchpad sama wifi. kepaksa gw googling pake produk microsoft (hehe) buat cari solusinya.

Soal wifinya : gw nemu situs yang nyaranin buat pake ndiswrapper, tapi waktu itu gw belum “ngeh” banged soal ubuntu makanya gw cari cara lain dan akhirnya nemu situs yang nyediain driver khusus linux. Untungnya driver laptop gw ada disitu. Langsung deh gw sedot dan install di ubuntu. Waktu dicoba sinyal wifi memang kedetec tapi belum bisa online. Nanya2 lagi deh, kali ni sama kakak angkatan. Dapet solusi kayak gini.

–         masuk ke terminal

–         ketik $ sudo ifconfig wlan0 up

waktu gw coba lagi. DENG!! DENG!

Akhirnya gw bisa ngenet dengan terhormat!!

Soal touchpad : hasil googlingan juga nih. Katanya ada masalah multiplexing IRQ 12 antara touchpad dan keyboard system. Gw sih gak ngeh soal apa itu, yang penting gw ikutin aja cara-caranya

–         masuk ke terminal

–         ketik $ sudo gedit /boot/grub/menu.lst

–         cari kata-kata ini ## ## End Default Options ##

–         dibawah itu ada tulisan kernel

tambahin kata ini “i8042.nomux=1” disebelah kanan tulisan kernel (tanpa tanda petik)

–         save dokumen itu, kemudian restart

–         gw jamin touchpad loe dah bisa jalan, klo blum bisa berarti masalahnya bukan terletak pada multiplexing IRQ 12 antara touchpad dan keyboard system. (oppoooo ikii!!)

O iya, laptop gw AXIOO ZETTA TEN MODEL. Kemungkinan masalah ini juga terjadi di tipe laptop axioo yang lain.

Satu lagi gw nemu masalah di axioo.klo gak salah AXIOO tipe NEON. Saat mau install, layar malah jadi blank. Solusinya, saat masuk di pilihan install, pejet F6 2 kali terus pilih no apic dan no lapic. Denger2 sih acpi nya belum kompatibel dengan ubuntu. Tapi klo kekeuh pake open source mending pake mandriva aja. Soalnya axioo cocoknya pake mandriva (menurut pengamatan gw). Dan lagi cd recovery bawaan driver axioo, menggunakan OS mandriva yang telah dimodifikasi.

Ok deh, tu aja dari gw. Klo loe pada mau tanya bisa lewat komen dibawah. Ntar gw rembug sama temen2 KSL UIN SUKA.

GO OPEN SOURCE!!!

23 thoughts on “Pengalaman Install Ubuntu di Laptop Axioo

  1. laptop gue axioo zetta ten balck slain masalaah sama kayak lo juga hang setiap 15 menit, ada solusinya gak, itu web cam juga, untuk masalah touchpad gue udahb coba tapi tetep hang, gimana dooooooooooooongggggggggggggg

  2. @uje
    untuk webcam saya juga belum nemuin solusinya.
    sedang untuk hang, cuma ditambah kata no apic dan no lapic.
    jadi ntar keseluruhan string pada kernel menjadi

    kernel
    /boot/vmlinuz-2.6.27-7-generic root=UUID=3129b9f3-b73f-4f46-82c4-a17e1505f279 ro quiet splash noapic nolapic i8042.nomux=1

  3. wah gak mudeng blas aku riph…😀
    tapi sak jane aku tertarik karo Linux
    opo maneh Ubuntut kucing😀
    saya kompi ku lawas banget!
    akhirnya tetep harus setia dg mikropos😀
    kapan2 aku yo diwarahi yo…

  4. assalam
    saya mau ganti XP dg linux.
    tp sy di jerman. mau tanya gak pd paham🙂.
    apa yg hrs sy lakukan pertama mas?
    wasalam

    • wss..
      – pertama ya harus punya cd master linuxnya dulu (hehe..) bisa pake open suse, ubuntu, mandriva, slax, dll
      – habis itu install deh, tutornya bisa cari di google
      – ikutan milis ato forum tentang linux. misalnya : http://forum.ubuntulinux.or.id/
      ni penting bila anda tidak memiliki orang yang bisa ditanya langsung (hehe)
      – jangan takut bertanya di forum tsb

      muga bisa membantu

  5. laptop gw juga axioo, dulu pas awal install linux puyeng di touchpad yg kaga bisa jalan. trus nyoba gugel dapet jg tuh setingan i8042.nomux=1 dan akhirnya bisa jalan touchpadnya. tp masalahnya touchpadnya ga bisa tapping, akhirnya nemu jg caranya, tp lupa😀
    sebenernya gak pake setingan i8042.nomux juga bisa jalan touchpadnya, cuma ada setingan tambahan di file xorg.conf. di xorg touchpad axioo ga kedetek sebagai touchpad, identifiernya klo ga salahm mouse jg deh. waktu itu udah sukses gw otak-atik ntu touchpad ampe bener2 berfungsi semuanya (skrol, tap, klik).

    tp skrg gw pake fedora 11, fedora 11 udah ga pake xorg, tp pake HAL. ini gw lg puyeng biar touchpadnya berfungsi full. ada yg tau gak ya??

  6. info, setelah ampir nyerah, nemu juga nih setingan buat di kernelnya biar bisa tapping, skrol juga jadi jalan euy. setingan tambahannya:

    psmouse.proto=imps

    semoga membantu…

    • umm..
      setahu ane, buat ngedit harus masuk mode power user.
      tandanya di terminal ada lambang $

      klo gak bisa coba masuk root
      ketik sudo su di terminal
      baru coba langkah diatas

      CMIIW

      • maturnuon thank ue maz…
        udah bisa

        klo wabcam gmna yaw.??

        oya settingan spanya ngenet pke ubuntu lbh cpt gmna maz.?
        alnya dlu wktu pke windows saya bsa download ampe 780kb/secon

        pas cba ngenet pke ubuntu lemotnya bkan main

        mhn bantuannya lg maz…..🙂

      • webcam ane juga blum ngerti
        haha

        sama!
        klo pake wifi lemod minta ampun,,
        nyampe skrang ane juga males klo ngenet pake ubuntu
        haha

  7. Maturnuon thank you maz…
    Aq dah trlalu kezal zma windowz alx.hehe….

    tanya 1 lg maz.bwt zpanya ngenetnya lbh cpet gmna maz.?alx punya qw agak lemot e…

    pas pke windows aq bza download ampe 785kb/secon
    tp zkrng dah gak bza

  8. nah kalo mau set wlan gimana? wlan gue dah terdetek, kebetulan gwe pake 8.10 ultimate tapi kendalanya tiap 10 detik wlan mati, pie pie pie

  9. om kok ane masih blom bisa, wifi ane dah kedetect cuma pas connect ke access point gak bisa konek.. padahal passkeynya udah bener..
    klo pake windows lancar2 aja tuh koneksi ke wireless..
    pake cara diatas blom bisa.. gimana yah caranya..
    ada situs buat download drivernya gak? thanks

  10. aq pake MNC Neon Series.rata2 sama masalahnya, di webcam. aq ga PD klo YM pake webcam..ada solusi. oh ya. Brightness ku ga bisa max, padahal sudah di max.Keliatan klo pake in focus, byk siswaku yg ngiler (gambarnya kurang terang).bantuin aq tuk nyeting di In Focus biar terang…:)

Tinggalkan Balasan

