Taw gak, maksud qt sholat tu ap?


Ujian praktek agama kemarin, ternyata bikin aku berpikir 3×25 jam sehari untuk mencari sebuah jawaban yang ditanyakan guru pengujiku. And now, I still find the answer…..
Awalnya semua berjalan lancar. Aku masuk ruangan dengan ngesot kayak suster ngesot (eh gak ding). Materi pertama aku disuruh praktek solat wajib. Ini sih gampang. Materi kedua, sholat sunnah. Ini lebih gampang, secara gak disuruh praktek cuman ditanya doank. Materi ketiga, aku disuruh dzikir dan doa sesudah sholat, although, I forget some part but aku yakin dapet nilai bagus. Materi ke empat…….
Guru Penguji : coba sebutkan arti-arti bacaan sholat?
Aku : yang mana Pak?
Guru Penguji : Setau kamu
Aku : Allahu akbar tu Allah maha besar, trus…. Umm…umm…(mikir lama banget)
Guru Penguji : Cuma itu?, klo arti bacaan saat sujud?
Aku : he..he..he.. gak taw pak.
Guru Penguji : gak taw? Trus maksud kamu shalat selama ini apa klo kamu gak taw artinya?
Aku : ……………………………….. (gak bisa ngomong)
Pertanyaan yang gak aku kira. Secara teman2 lain yang duluan masuk gak ditanya soal kayak gitu. Walaupun aku yakin ujian praktek agama kemaren tu aku bisa lulus. But, it sprag in my heart. Aku belum tau maksud kita sholat. Ada yang mau kasih tau aku?

11 thoughts on “Taw gak, maksud qt sholat tu ap?

  1. Jenius sri!

    Jih mending kwe..
    Lha Q, wiz tlat TIK, ujiane nunggu 2jam!
    Gek mung w0ng 4..
    disengeni pula..

    Truz pas agama, Q dr 3 prtanyaan om bidrun ga da satupun yg trjawab!
    Cadaz ra kwi?

    Urung le diece pak budi, jare le maca Quran kurang lancar lah..

    ditambah sindiran pak ali, ngece Q ra tau shalat jenazah, pdhl kan Q wedi..
    Hehe..

    Gek, ngono Q tanpa dosa, meh ngilangke Quran’mu..

    Tp Q gumun tnan..
    KbruntunganQ hari itu AKHIRNYA DATANG JUGA..!
    Pas hompimpa go nentuke sapa sing mlebu praktek shalat,
    aku menang dab!
    Pdhl Q lg wae tko, kwe ro liyane wiz ngantri suwe..Wekekek..
    Byangke, dr 7 orang mung Q sing putih dwe..
    Liyane do ireng kbeh tangane..
    Hanya Q yg dgn ikhlas tangany trbuka..
    Hagagaga..

    Tp pancen wasyem tnan!
    Sontoloyo kok kwe ki!
    Tuwas tak tnggu, kwe ro liya2ne gawe rencana nista!
    Mosox gawe undian ulang!
    Gek ngono Q ra dkandani meneh!

    Q dadi keri dwe!
    Kurang ajar!

    Lengkap sudah pnderitaanQ hri itu!

  2. hmm.., mungkin perlu dibaca2 arti2 ayat2 yang dibaca waktu sholat… agar lebih khusyu dan bisa menghadirkan hati di dalam shalat…

  3. modar kwe ditekoni neko2.. aq gur sholat wajib tok ra ditekoni artine karo ra sholat sunnah.
    aq bejo banget to sri..
    kwe rti ra ngopo aq isa bejo? nek ngaran q kwe ra reti.
    mergane alhamdulillah aq sholat 5 waktune rak bolong. ha kuwilah tujuanne sholat selain isa mlebu suwargo awak dewe isa mendekatkan diri karo Allah SWT. Nek awak dewe isa cerak karo Allah SWT insyaAllah awak dewe dgn sendirine isa bejo trus uripe.

    dadine sholat ki nggo kehidupan dunia n kehidupan akhirat. Nek kwe sholat 5 waktu plus tahajud ngono uripmu seneng2 neng ndunnya karo neng akhirat.

  4. modar kwe ditekoni neko2.. aq gur sholat wajib tok ra ditekoni artine karo ra sholat sunnah.
    aq bejo banget to sri..
    kwe rti ra ngopo aq isa bejo? nek ngaran q kwe ra reti.
    mergane alhamdulillah aq sholat 5 waktune rak bolong. ha kuwilah tujuanne sholat selain isa mlebu suwargo awak dewe isa mendekatkan diri karo Allah SWT. Nek awak dewe isa cerak karo Allah SWT insyaAllah awak dewe dgn sendirine isa bejo trus uripe.

    wassalamualaikum

    dadine sholat ki nggo kehidupan dunia n kehidupan akhirat. Nek kwe sholat 5 waktu plus tahajud ngono uripmu seneng2 neng ndunnya karo neng akhirat.

  5. Ping-balik: Review ujian Praktek « Sukabiru’s poenya blog

  6. agama adalah petunjuk supaya “orang” bisa menjadi “manusia’
    Sholat adalah tiang agama
    jadi sholat untuk menjaga supaya agama tetap menjadi petunjuk.
    Telah dikatakan “sholat” dapat mencegah yang munkar.
    dengan selalu mengingat Allah, tentu saja kita tidak akan melakukan kemunkaran.

    tentang arti sholat, telah dikatakan juga kita dilarang sholat dalam keadaan mabuk, karena orang mabuk tidak “paham” dengan yang diucapkannya. apalagi yang tidak tahu artinya lebih gawat nih.

    kesadaran hingga menghadirkan pemahaman sampai timbul penghayatan sangat diutamakan. Jika kita mengucapkan Allahu Akbar, kita harus memahami apa yang dimaksud dengan Allah Maha Besar. bukan hanya tahu tapi harus paham.

    jika kita paham dengan adanya hari kiamat, dimana adalah hari pembalasan dengan apa yang sudah kita perbuat selama di dunia. tentunya kita akan selalu takut kepada Allah. Takut untuk melakukan apa yang dilarang oleh NYA.

    Dengan sholat kita selalu sadar akan posisi kita sebagai hamba NYA dan tidak pernah berani untuk melanggar larangannya dan tidak mengikuti perintahnya.

    pertanyaan selanjutnya yang umum, banyak orang rajin sholat tetapi kok masih saja berbuat maksiat? untuk yang satu ini karena tidak ada pemahaman, jadi tidak mendapatkan manfaatnya, sehingga hanya mendapatkan capai dan lelah saja. Na’udzubillah min dzalik.

    ingat, semua perbuatan tegantung niatnya. hadirkan niat melakukan semua ibadah selalu karena Allah (melaksanakan perintah-NYA), smoga dijauhkan dari riya.

    smoga ente mendapat hidayah

    Salam

  7. Setiap perbuatan yang kita lakukan pasti pnya tujuan masing-masing termasuk jga sholat…iya kaaaannnn???orang ke pasar aja ada tujuannya…cuma mungkin agak berbeda dengan kita sholat, puasa, maupun haji.Menurut q sh ga banyak kok tujuannya, selain memenuhi perintah yang telah diwajibkan oleh Allah kepada hambanya, juga tujuan kita semata-mata mengharapkan ridha Allah.Ga mungkin kan tujuan kita mendapatkan kesenangan????walaupun dengan sholat secara tidak langsung hati kita bisa lebih tenang n tentram.
    mungkin itu aja kaliii…lw ada ksaklahan mhn dimaafkan.
    rifin65@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s